Sejarah & Apakah Itu Bitcoin?

Sejarah Bitcoin

Pada awal 2009, seseorang programmer tidak dikenal atau grup programmer yang dikenal sebagai Satoshi Nakamoto memperkenalkan BitCoin. Satoshi Nakamoto menjelaskan Bitcoin adalah sebuah ‘Peer to Peer electronic Cash System.’ (sistem uang digital 1 per 1), dan tidak memiliki sentral, dan artinya Bitcoin tidak memiliki server-server dan pihak-pihak yang bertanggung jawab atasnya, konsep ini hampir sama dengan jaringan berbagi file.

Apa Itu Bitcoin?

Apa itu Bitcoin? Bitcoin adalah sebuah jaringan pembayaran inovatif dan sebuah jenis mata uang yang baru, transaksi Bitcoin sendiri tidak memerlukan penengah seperti bank dan tidak memiliki server sentral.

Salah satu masalah terpenting yang harus diselesaikan seluruh jaringan pembayaran adalah pengeluaran ganda, Pengeluaran ganda adalah sebuah teknik penipuan yang menghabiskan pengeluaran yang sama sebesar dua kali. Solusi untuk ini adalah Pihak Ketiga yang terpercaya, sebuah sentral yang menyimpan catatan-catatan dari saldo-saldo dan transaksi-transakti. Namun, metode ini selalu melibatkan sebuah otoritas mengendalikan seluruh danamu dan data-data pribadi mu.

Pada sebuah jaringan yang tak bersentral (Pusat) seperti BitCoin, setiap peserta harus melakukan perkerjaan ini, dan ini dapat dilakukan melalui public Ledger (Buku Kas) seperti Ledger, Blockchain, dan dll, dan setiap transaksi yang terjadi didalam jaringan dapat dilihat oleh semua orang dan semua orang didalam jaringan dapat melihat saldo dari setiap akun.